5 Alasan Pentingnya Asuransi Kebakaran Untuk Properti Kita

Asuransi-kebakaran terbaik

5 Alasan Pentingnya Asuransi Kebakaran Untuk Properti Kita

Ausransi Kebakaran Properti. Jika Anda ingin tahu betapa pentingnya untuk memiliki asuransi kebakaran, maka Anda dapat melihat data terakhir yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tahun 2014. Berdasarkan data yang dilansir dari BPBD DKI Jakarta, pada tahun 2014 telah terjadi 696 kebakaran di Jakarta. Sebagian besar terjadi di bulan September dengan jumlah kebakaran 99 kejadian dan paling sedikit terjadi di bulan Januari yakni sekitar 12 kejadian.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta mengatakan bahwa 72 persen kasus kebakaran sepanjang 2014 terjadi akibat penggunaan listrik yang tidak sesuai standar.

Kehidupan Anda sehari-hari memiliki peran yang besar atas terjadinya risiko kebakaran. Mulai dari memasak, menggunakan barang elektronik, bahkan merokok di dalam rumah pun dapat memicu kebakaran yang yang akhirnya merusak properti dan harta benda Anda. Dampak utama kebakaran adalah keuangan rumah tangga Anda yang ikut terbakar. Anda bisa bayangkan jika semua harta benda milik Anda hangus dalam hitungan jam, belum lagi ada banyak dokumen penting yang mungkin tidak dapat Anda selamatkan dari lalapan api. Untuk mencegah hal tersebut, sebagai pemilik properti Anda sebaiknya memiliki asuransi kebakaran.

Asuransi kebakaran merupakan sebuah jenis polis asuransi kerugian atas harta benda yang akan melindungi struktur serta isi rumah Anda dari bahaya kebakaran. Selain itu, asuransi kebakaran juga menyediakan bantuan finansial untuk menggantikan harta benda yang hilang. Dengan adanya asuransi ini, diharapkan kehidupan dasar Anda dan keluarga dapat kembali berjalan normal secepatnya. Perlu diingat bahwa polis asuransi kebakaran hanya akan mengembalikan posisi finansial mengalami musibah kepada keadaan finansial sebelum mengalami musibah tersebut. Tidak ada keuntungan tambahan yang akan didapat oleh tertanggung atas musibah kebakaran dari pihak asuransi.

Secara umum, risiko yang dijamin dalam sebuah polis asuransi kebakaran meliputi kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian manusia atau penyebab lain. Polis ini juga menjamin risiko kerusakan yang disebabkan oleh petir, ledakan dan asap yang berasal dari harta benda yang Anda telah asuransikan. Selain itu, asuransi kebakaran juga memberikan penggantian atas benturan fisik yang terjadi akibat kejatuhan pesawat terbang dan helikopter kepada harta benda yang diasuransikan.

Berikut ini adalah 5 alasan yang membuat asuransi kebakaran sangat penting untuk Anda miliki:

Asuransi-kebakaran rumah

Asuransi-kebakaran rumah

Menghindari Bangkrut
Rumah merupakan sebuah aset dan investasi jangka panjang yang tidak murah harganya. Apabila rumah Anda terbakar dan tidak diasuransikan, belum tentu Anda bisa segera memperbaiki rumah tersebut. Sangat mungkin bagi Anda untuk berutang ke bank atau pihak lain demi memperbaiki rumah Anda yang telah dilalap api. Namun hal ini membuat Anda harus meminjam uang kemana-mana dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasinya, karena pinjaman Anda belum tentu kecil jumlahnya.

Tentunya Anda telah membanting tulang mengumpulkan uang untuk membeli rumah, lalu mengapa Anda berani mengambil risiko untuk membiarkannya tanpa perlindungan?

Mengganti Barang yang Rusak
Asuransi ini tidak hanya mengganti biaya kerusakan atas bangunan Anda yang mengalamai kebakaran, namun juga mengganti biaya kerusakan atas barang-barang yang juga terbakar. Syarat penggantian ini adalah kebakaran tersebut tidak terjadi atas kelalaian Anda sendiri.

Tempat Tinggal Sementara
Asuransi kebakaran biasanya memberikan memberikan tempat tinggal sementara bagi Anda yang rumahnya telah terbakar habis. Tempat tinggal sementara tersebut biasnaya disediakan secara cuma-cuma.

Biaya yang Terjangkau
Untuk polis Standar Kebakaran Indonesia, biasanya nilai premi hanya 0.5 per mil dari total nilai aset. Misalnya, Anda mempunyai rumah senilai 200 Juta, maka premi yang harus dibayar adalah 0.5 per 1000 dikalikan 200 juta, yaitu menjadi Rp. 100.000 per tahun. Jadi, perbandingan antara nilai pertanggungan yang diperoleh dengan nilai premi yang dibayarakan jauh sekali.

Memberikan Rasa Aman
Adanya proteksi asuransi untuk menghadapi risiko yang tidak pasti seperti kebakaran atau bencana alam tentu akan memberikan ketenangan batin serta rasa percaya diri pemilik rumah. Seandainya memang terjadi kebakaran dan Anda mengalami kerugian, setidaknya akan ada penggantian dari pihak asuransi.

Rumah dan properti lainnya barangkali merupakan aset finansial terbesar yang Anda miliki dalam hidup Anda. Kegagalan dalam memberikan perlindungan kepada rumah Anda dengan asuransi kebakaran dapat membuat situasi keuangan Anda ikut memburuk. Apalagi jika Anda tidak memiliki dana darurat yang tidak cukup besar. Meski kebakaran belum tentu menimpa keluarga Anda, namun apabila Anda telah memiliki asuransi kebakaran maka satu risiko masalah telah berhasil Anda padamkan dan membuat hidup Anda lebih tenang.

 

Contoh Asuransi Kebakaran

Asuransi_Kebakaran_aca

Asuransi_Kebakaran_aca

Sungguh memilukan apabila rumah, kantor, pabrik, dan harta benda yang Anda kumpulkan dan miliki selama bertahun-tahun harus lenyap dalam waktu singkat hanya karena satu musibah, kebakaran. Asuransi kebakaran ACA menawarkan solusi yang mengilangkan kekhawatiran Anda atas musibah kebakaran.

APA SAJA YANG BISA DIASURANSIKAN?
  •  Bangunan
  •  Perabotan Rumah Tangga
  •  Perlengkapan Rumah
  •  Mesin
  •  Barang dagangan
  •  persediaan atau barang jadi, dsb

APA SAJA YANG DIJAMIN?

Sesuai dengan Polis Standar Kebakaran Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Asuransi Indonesia, polis ini menjamin risiko standar , yaitu:

  •  Kebakaran
  •  Petir
  •  Ledakan
  •  Asap
  •  dan akibat kejatuhan pesawat terbang

Selain itu anda pun dapat mengajukan permohonan untuk memperluas risiko standar antara lain kerusuhan, tanah longsor, banjir, biaya pembersihan puing.

ADAKAH RISIKO YANG TIDAK DIJAMIN?

Pada polis asuransi kebakaran risiko-risiko yang tidak dijamin dicantumkan pada persyaratan polis, antara lain:

  •  Kebakaran atau ledakan dari api yang timbul sendiri (self combustion), hubungan arus pendek (short circuit) atau api yang timbul dari sifat barang itu sendiri (inherent vice)
  •  Kerusakan akibat perang, penyerbuan, aksi musuh asing dan kegiatan lain sejenisnya
  •  Reaksi atau radiasi nuklir atau pencemaran radio aktif/li>

SIAPA SAJA YANG MEMERLUKAN PRODUK INI?

Setiap individu atau badan usaha yang memiliki kepentingan atas harta benda yang diasuransikan seperti: pemilik, penyewa, bank atau lembaga keuangan pemberi kredit.

FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI SUKU PREMI?

Hal-hal yang umum diperhatikan adalah okupasi atau penggunaan bangunan, kelas konstruksi bangunan, peluang terjadi musibah, keadaan sekeliling atau lokasi bangunan, catatan kerugian yang pernah terjadi.

 

makalah asuransi kebakaran

premi asuransi kebakaran

asuransi kebakaran prudential

asuransi kebakaran terbaik

asuransi kebakaran rumah bumiputera

asuransi kebakaran rumah

asuransi kebakaran jasindo

pengertian asuransi kebakaran

Sumber:

www. Rumah. Com

www. AturDuit. com

www. ACA. co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *